Haaiiii!!!!!!!!!!!!

Selamat datang !!!
Terima kasih sudah mengunjungi blog kami
Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya....

Hope u like it!
^^v

Kamis, 26 Agustus 2010

Mengapa Kita Berpuasa ?

Karena ibadah puasa adalah kewajiban seorang muslim,untuk melatih seorang muslim menahan nafsu dari berbagai syahwat, sehingga kita siap mencari sesuatu yang menjadi puncak kebahagiaan,menerima sesuatu yang menyucikan, yang di dalamnya terdapat kehidupannya yang abadi, ,memberikan pelajaran bagi si kaya untuk merasakan lapar sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang kepada fakir miskin,dan menjaga dari maksiat.menyempitkan jalan setan pada diri hamba dengan menyempitkan jalan aliran makanan dan minuman.
Puasa adalah sholat dalam realitas kehidupan. Atau lebih jelasnya Puasa adalah melatih kesadaran. Kesadaran berpuasa. Kesadaran bahwa ada yang mengamati, yaitu Allah. Kalau sholat dimulai dengan takbir dan diakhir dengan salam, maka puasa dimulai dengan niat saat fajar dan diakhiri dengan berbuka. Maka selama berpuasa yang dilatih adalah kesadaran dari jiwa kita. Sadar untuk mengikuti petunjukNYA dan menjauhi laranganNYA. Puasa melatih kedisiplinan dalam kesadaran. waktu berpuasa harus benar-benar tepat dihitung, tidak boleh kurang, dan harus serius dan sungguh-sungguh.
Maka benarlah kalau puasa adalah ajang pelatihan, ajang peperangan dalam diri sendiri, dari kesadaran sendiri. Mengapa kita mau melakukan ini, anda bisa makan secara sembunyi-sembunyi dan memastikan tidak ada yang tahu.. Maka puasa adalah melatih kesadaran kita ber-ihsan kepada Allah.

Yang berpuasa adalah jiwa (emosi, nafsu, keinginan, dsb) kita, bukan sekedar tubuh yang hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga. Maka kesadaran menjadi titik tolak terpenting, itulah sebabnya kalau kita tidak sadar makan dan minum atau terlupa tidak membatalkan puasa kita. Karena yang dituntut adalah kesadaran kita berpuasa, yaitu menjalankan Maka marilah kita berpuasa untuk melatih kesadaran kita, berpuasa dengan ber-ihsan atau melihat Allah. Biarlah kita serahkan pahala atau penilain kepada Allah saja. Kita hanyalah melatih kesadaran kita mendekat kepada Allah.
Semakin dekat dan semakin dekat, sampai tak terasa ada jarak lagi. Kita merasakan Allah ada dalam kesadaran kita. Puasa memiliki beberapa manfaat, Beberapa manfaat, puasa secara kejiwaan adalah puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri, yang ini merupakan hikmah puasa yang paling utama.
Termasuk manfaat puasa secara sosial adalah membiasakan umat berlaku disiplin, bersatu, cinta keadilan dan persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebajikan.Sebagaimana kita juga harus menjaga masyarakat dari kejahatan dan kerusakan.
Sedang di antara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.
Termasuk manfaat puasa adalah mematahkan nafsu. Karena berlebihan, baik dalam makan maupun minum serta menggauli isteri, bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.
Di antara manfaatnya juga adalah mengosongkan hati hanya untuk berfikir dan berdzikir. Sebaliknya, jika berbagai nafsu syahwat itu dituruti maka bisa mengeraskan dan membutakan hati, selanjutnya menghalangi hati untuk berdzikir dan berfikir, sehingga membuatnya lengah. Berbeda halnya jika perut kosong dari makanan dan minuman, akan menyebabkan hati bercahaya dan lunak, kekerasan hati sirna, untuk kemudian semata-mata dimanfaatkan untuk berdzikir dan berfikir.
Orang kaya menjadi tahu seberapa nikmat Allah atas dirinya. Allah mengaruniainya nikmat tak terhingga, pada saat yang sama banyak orang-orang miskin yang tak mendapatkan sisa-sisa makanan, minuman dan tidak pula menikah. Dengan terhalangnya dia dari menikmati hal-hal tersebut pada saat-saat tertentu, serta rasa berat yang ia hadapi karenanya. Keadaan itu akan mengingatkannya kepada orang-orang yang sama sekali tak dapat menikmpppppppppppatinya. Ini akan mengharuskannya mensyukuri nikmat Allah atas dirinya berupa serba kecukupan, juga akan menjadikannya berbelas kasih kepada saudaranya yang memerlukan, dan mendorongnya untuk membantu mereka.
Termasuk manfaat puasa adalah mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa, maka dia aman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan

(Sri Ayu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar